Wednesday, June 22, 2016

Ini Dia Solusi Anyang-anyangan yang Menyebalkan!

Jujur awalnya saya tidak tahu apa itu anyang-anyangan. Saat pertama kali membaca penjelasannya di beberapa artikel dari Google, saya lupa istilah sakit saat buang kecil itu dalam bahasa daerah yang biasa saya gunakan apa. Akhirnya, setelah bertanya kepada mama saya jadi ingat. Anyang-anyangan itu dalam bahasa Serang disebut anyeng-anyengan (dengan lafal ‘e’ lemah). Sebenarnya hampir mirip, tapi entah mengapa saat itu saya tidak ingat istilah tersebut.
shine365.marshfieldclinic.org
Anyang-anyangan adalah rasa sakit saat buang air kecil. Selain sakit, gejala anyang-anyangan ini membuat frekuensi buang air kecil menjadi meningkat namun dengan kuantitas urine keluar yang hanya sedikit. Oleh karena itu, anyang-anyangan sangat mengganggu dan menyebalkan, terutama jika terjadi pada malam hari di waktu tidur. Di jamin tidak bisa tidur nyenyak. Saya dulu pernah saking capeknya harus bolak-balik kamar mandi hanya untuk buang air kecil yang sedikit itu, saya sampai terpaksa pakai pembalut yang extra size untuk pasca melahirkan. Ketika saya ingin pipis ya saya pipis saja di celana yang telah saya pasangi pembalut (mohon jangan ditiru ya.. -.-v).
Sebelum membaca penjelasan dari internet, saya mengira keluhan sakit ini disebabkan karena telah meminum air panas yang dicampur dengan air dingin (suhu ruang). Ada juga pendapat masyarakat di sekitar tempat tinggal saya yang menyatakan bahwa gejala ini juga dapat disebabkan setelah kita membuang air panas di saluran air (bisa melalui selokan, wastafel, dsb). Oleh karena itu, orang-orang di kampung saya setiap ada air panas yang tidak terpakai (seperti air rebusan sayur untuk dibuat pecel) tidak langsung dibuang, tapi dibiarkan dingin dulu baru dibuang.
Aneh memang. Padahal kalau diperhatikan, kita lebih sering tidak merasa sakit apa pun setelah meminum campuran air panas dan dingin itu, hanya sesekali saja yang mungkin hanya kebetulan saat meminum air hangat itu atau setelah kita membuang air panas ke saluran air, kita terkena anyang-anyangan.
Menurut satu sumber, anyang-anyangan merupakan indikasi awal seseorang terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau dalam bahasa Inggris disebut Urinary Tract Infections (UTIs). ISK merupakan infeksi yang penyebab utamanya adalah bakteri Escherichia coli (E. coli). Bakteri ini banyak terdapat pada kotoran manusia dan biasa hidup di kolon (bagian ujung saluran pencernaan). Gejala umum dari penyakit ISK adalah sakit pada saat atau setelah buang air kecil, anyang-anyangan, warna air seni kental/pekat seperti air teh, kadang kemerahan karena mengandung darah, nyeri pada pinggang, demam atau menggigil yang berarti infeksi telah mencapai ginjal (diiringi rasa nyeri di sisi bawah belakang rusuk, mual atau muntah).
Dibandingkan laki-laki, perempuan lebih rentan terkena anyang-anyangan. Hal ini dikarenakan anatomi saluran kemih perempuan lebih pendek dan terbuka daripada lakilaki. Oleh karena anyang-anyangan biasanya disebabkan oleh bakteri E. coli yang terdapat dalam kotoran, maka dari itu kita harus menjaga daerah kewanitaan kita dengan cara membersihkannya dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. Selain itu pencegahan anyang-anyangan juga dilakukan dengan cara membersihkan alat vital sebelum berhubungan, buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari uretra (saluran kencing) dan jangan menahan-nahan buang air kecil.
pinkheartstring.com
Selama ini saya belum pernah mengalami anyang-anyangan selama berhari-hari. Biasanya jika gejala muncul sore hari, maka pada pagi harinya saya sudah baikan. Begitu jika gejala muncul di pagi hari, maka di sore hari rasa sakitnya sudah hilang. Akan tetapi jika mengalami anyang-anyangan berhari-hari tak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah ada Prive Uri-cran.
Prive Uri-cran adalah produk dari Combiphar yang berkhasiat mengatasi anyang-anyangan yang merupakan gejala awal dari ISK dan mencegah anyang-anyangan datang kembali. Prive Uri-cran mengandung ekstrak buah Cranberry yang telah teruji dapat mengatasi anyang-anyangan.
bookingventure.com
Cranberry (vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak. Terdapat banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa cranberry dapat menangani anyang-anyangan sebagai gejala awal dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Diantaranya adalah riset yang dilakukan Timothy Boone yang menunjukan bahwa kapsul buah cranberry dapat menurunkan risiko ISK sebesar 50%.
Buah cranberry tinggi antioksidan yang mampu menetralisasi radikal bebas dalam tubuh serta mampu berkontribusi mengatasi penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit lainnya. Buah yang masih berkerabat dengan blueberry, buckberry, huckleberry, dan bilberry ini juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik lho. Nah, berbagai manfaat baik buah cranberry ini sekarang bisa kita dapatkan dari Prive Uri-cran yang merupakan solusi gejala anyang-anyangan pertama di Indonesia. Jadi agar tidak terganggu dengan anyang-anyangan yang menyebalkan itu lagi, selalu jaga kebersihan diri dan juga sedia Prive Uri-cran ya..


Referensi:
http://www.nhs.uk/news/2016/06June/Pages/Cranberry-juice-useful-for-women-with-recurring-UTIs-claims-study.aspx
http://www.medicalnewstoday.com/articles/306498.php
http://umm.edu/health/medical/altmed/herb/cranberry

0 comments:

Post a Comment